wisata Hits Hutan Mangrove Kulon Progo Yogyakarta

loading…


Wisata jogja sangat banyak,dan salah satu nya yang sedang hangat hangat nya adalah hutan mangrove dikulon progo

hutan mangrove kulon progo jogjakarta
Keindahan Hutan Mangrove Kulon Progo yogyakarta
keindahan dan panorama apa yang dapat kita temui di lokasi wisata baru yang ngehits  ini. Awalnya, lokasi ini merupakan kawasan konservasi yang didirikan sekitar tahun 90an oleh kelompok Wanatirta dengan menanami pohon bakau guna menangkal abrasi. Namun siring berjalannya waktu muncul ide untuk membuka hutan bakau ini menjadi wisata edukasi kepada wisatawan/masyarakat agar “concern” terhadap pantai dengan melakukan penanaman bakau. Namun diluar ekspektasi, ide membuka wisata HUtan Mangrove di Kulon Progo ini justru malah booming dan menjadi hits di sosial media sehingga pengunjungnya bisa mencapai ribuan. Tak heran jika kemudian Hutan Mangrove Pantai Congot ini terus dikembangkan sebagai wisata alternatif dan wisata edukatif.

hutan mangrove
Lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo
Lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo begitu rimbun
Hutan Mangrove Kulon Progo ini memang menjadi wisata konservasi pertama tanaman bakau di daerah Jogja, di sebelah Pantai Parangtritis sebenarnya ada juga Hutan Bakau namun belum sebesar Hutan Mangrove di Kulon Progo ini.Di sini kita dapat melihat hamparan hutan bakau seluas 3 hektar yang berada di tepi pantai dan sepanjang sungai Bogowonto. Nuansa hijau khas hutan bakau menjadi panorama utama, selain itu ada juga spot spot selfie sepeti ayunan, gazebo, serta jembatan Api Api. Nah yang paling banyak diggunakan untuk spot foto adalah Jembatan Api Api, Gazebo dalam hutan, serta jalan yang digunakan untuk menembus rimbunny hutan.

wisata jogja kulon progo
Jembatan Api Api
Jembatan Api Api Hutan Mangrove Kulon Progo yogyakarta
Jembatan di Hutan Mangrove Kulon Progo ini sempat ambruk beberapa waktu lalu karena awalnya memang tak diperuntukkan sebagai jembatan wisata dengan volume wisatawan mencapai ribuan dan hanya terbuat dari bambu, namun kini sudah diperbaiki dan lebih kuat dengan menggunakan kayu. Berwisata ke Hutan Mangrove Kulon Progo yang tepat adalah saat pagi hari atau sore hari menjelang sunset. Diwaktu itu kita akan menemukan pemandfangan langit yang sangat indah.

Lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo
Hutan Mangrove in letaknya ada di Dusun Pasir Mendit Desa Jangkaran Kecamatan Temon Kulon Progo. Lokasinya sekitar 15 menit dari Pantai Congot, tepatnya 7 km. Untuk mencapai lokasi Hutan Mangrove Pasir Mendit ini bisa ditempuh daru dua jalur jalur utara dan jalur selatan.

Akses mudah kelokasi
Jika dari Jogja menuju ke Hutan Mangrove Kulon Progo cukup ambil arah ke jalan Wates, kemudian lurus terus hingga sampai ke pertigaan patung kuda (Nyi Ageng Serang) ambil arah ke kiri (Purworejo) lurus terus hingga sampai ke terminal Wates, dan terus ke barat sampai menemukan Rumah Makan Padang Sederhana, sebelah baratnya ada pertigaan ambil kiri. Ikuti jalur Ke Pantai Congot kemudian ada pertigaan (ke kiri Pantai Conot) masih terus ke barat hingga melalui Jembatan, setelah itu belok kiri (Arah Desa Jangkaran) dari situ sudah banyak petunjuk arah ke Hutan Mangrove Pasir Mendit.
Jika dari arah Bantul meu ke Hutan Mangrove Kulon Progo tinggal ikuti arah ke Pantai Glagah melalui Jalan Daendels, lurus ke Barat sampai menemukan Jembatan seperti yang disebut di atas.

wisata hits jogja

Selamat berlibur dikulon progo yogyakarta,nikmati kotanya nikmati alamnya juga kulinernya.

 

loading…


(Visited 156 times, 1 visits today)
author