Wisata Alam Tebing Breksi Jogja

loading…


wisata jogja

Satu lagi tempat wisata yang sedang hits dijogja Tebing Breksi-awalnya wisata Tebing Breksi Jogja merupakan lokasi penambangan batu alam. Batu alam yang berada di tempat ini adalah batuan jenis batu kapur breksi,yang tersebar dibeberapalokasi dikabupaten Gunung Kidul. Selama bertahun – tahun, lokasi ini menjadi sumber mata pencaharian masyarakat sekitar. Namun pada sekitar tahun 2014, terbit larangan untuk menambang batuan yang ada di lokasi ini. Hal ini tidak lepas dari ditemukan dan ditelitinya gunung api purba Nglanggeran.

Setelah peneliti melakukan kajian terhadap lokasi ini, ditemukan kenyataan bahwa batuan kapur breksi yang ada di tempat itu adalah endapan abu vulkanik dari gunung api Purba Nglanggeran di Gunung Kidul. Dikarenakan hal tersebut, maka berarti kawasan ini termasuk dalam cagar budaya yang harus dilestarikan.

pesona wisata tebing breksi

Pesona Alam Tebing Breksi Jogja
Nama Breksi sendiri datang dari warga, mengikuti tren dimana nama bukit batu tempat wisata di Bali dan Bandung yang hasil potongannya mirip dengan tebing ini, disebut dengan breksi. Karena itu lah, tebing ini dinamai Tebing breksi.
Pesona dari bekas tambang ini antara lain adalah guratan – guratan tebing batu yang indah mengingatkan kita pada lokasi wisata Garuda Wisnu Kencana Bali yang juga merupakan bekas tambang. Selain tebingnya yang indah, kita juga dapat naik ke atas tebing melalui anak tangga dari batu yang telah dibuat oleh masyarakat sekitar. Di atas tebing, kita bisa menyaksikan keindahan Kota Jogja dari ketinggian, juga Gunung Merapi yang dapat terlihat jelas jika cuaca sedang cerah. Terlebih jika kita berkunjung pada petang hari, kita bisa melihat indahnya kelip – kelip lampu yang berada di Kota Jogja.Dan jika bersedia naik lagi akan menemukan Candi yang tidak kalah cantik yaitu Candi IJo.

tebing-breksi-jogja

Panggung Pertunjukan Alam
Dalam komplek Tebing Breksi Jogja ini juga terdapat panggung pertunjukan yang tempat duduknya juga tebuat dari batu.satu lagi yang terpenting, tempat ini tentu saja menjadi tempat berfoto yang menarik dan pastinya Instagramable, jadi jika berkunjung ke sini jangan lupa untuk mempersiapkan kamera dan temukan angel yang terbaik.

tebing-breksi-jogja

Lokasi Dan Rute Menuju Ke Tebing Breksi
Tebing Breksi berada di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, tepatnya di Kabupaten Sleman, DIY. Jaraknya kurang lebih 1 kilometer sebelum wisata Candi Ijo jika dari jalan Prambanan – Piyungan. Tebing Breksi ini masuk pada cakupan kawasan wisata herritage Candi Ijo. Sehingga, jika anda semua berkunjung ke Candi Ijo lewat sebelah barat, maka tentunya akan melewati Tebing Breksi ini.
Dan hal penting yang juga perlu diperhatikan pada saat menuju ke lokasi Tebing Breksi adalah pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan fit, karena jalan menuju ke lokasi menanjak cukup tajam dan jalan masih ada yang kurang bagus, maklum karena dulunya jalur ini digunakan untuk lalu lalang truk pengangkut batu dari Tebing Breksi.

wisata batu alam jogja

Selamat berwisata dijogja kawan.

loading…


(Visited 93 times, 1 visits today)
author