Tips Mendesain Rumah Minimalis Kamu

loading…


Semakin hari dunia semakin bertambah sempit, dengan banyaknya bangunan yang kian bertambah. Tanah pun semakin mahal dibuatnya. Maka untuk mengatasinya, banyak orang memilih membangun rumah minimalis agar tidak terlalu memakan lahan. Meskipun lahan sempit, rumah minimalis kamu bisa kamu maksimalkan luasnya, bisa pula dimaksimalkan desainnya dengan tips-tips ini. Rumah minimalis pun bisa menjadi nyaman, luas, dan menarik.

Berikut tips-tips yang bisa langsung kamu aplikasikan di rumah minimalis kamu:

  1. Memaksimalkan Ruangan

rumah minimalis - rak dinding

Ruang di rumah anda yang sudah sempit, sebaiknya jangan dibuat semakin sempit.

Hindari meletakkan barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu penting. Jangan pula memberi banyak perabotan di lantai. Bagaimana dengan penyimpanan? Hal ini bisa diakali dengan memakai rak yang menempel di dinding sehingga tidak terkesan memakan tempat di lantai.

  1. Menggunakan Pembatas Ruangan yang Tidak Berlebihan

rumah minimalis - pembatas ruangan

Pembatas ruangan akan sangat berpengaruh dalam membangun konsep desain rumah minimalis. Namun, anda harus pintar memilih pembatas yang tepat, jika terlalu berlebihan hanya akan membuat ruangan jadi erasa sempit. Hal ini bisa disiasati dengan digantikan dengan perabotan dengan fungsi sama namun perabotan tersebut  bisa menjadi pembatas juga. Seperti gambar di atas, perabotan yang sebenarnya memiliki fungsi rak, namun bisa dijadikan pembatas ruangan pula.

  1. Memilih Warna yang Tepat

rumah minimalis-warna cat

Memilih warna ruangan dengan warna putih akan menimbulkan kesan terang dan ruangan lebih luas. Warna dalam ruangan untuk desain minimalis sebaiknya tidak terlalu banyak. Kombinasi warna abu-abu terang putih dan kayu sedang menjadi tren. Rumah dengan warna sederhana dan terang bisa sekali anda coba untuk diaplikasikan ke rumah anda.

  1. Gunakan Cermin

rumah minimalis- tembok cermin

Dengan menggunakan banyak cermin, akan menimbulkan ilusi optik untuk ruangan anda. Ruangan anda akan terasa lebih luas dan seperi ada ruang baru. Sehingga, rumah minimalis anda yang tadinya kecil, akan terasa besar dengan adanya cermin tersebut.

  1. Melengkapi rumah dengan Hiasan yang Unik

Anda bisa melengkapi rumah anda dengan banyak perabotan unik. bisa anda petimbangakn dari warna dan desainnya. Rumah minimalis modern harus memiliki konsep perabotan hiasan yang memiliki bentuk unik namun sederhana, seperti gambar di aras, hiasan burung tersebut terlihat sangant minimalis, memiliki satu warna namun ia bisa menciptakan kesan yang sangat berbeda. Kemudian model vas tanaman yang ada pada gambar di atas pun memiliki konsep minimalis. meskipun perlengkapan tersebut minimalis, jika dikombinasikan akan menciptakan suasana yang jauh dari kata bosan.

  1. Memperhatikan Sirkulasi Udaran dan Pencahayaan yang Baik

rumah minimalis - pencahayaan

Menempatkan rumah dengan posisi menghadap matahari tentu akan bagus bagi rumah anda. Anda akan bisa menikmati manfaat sinar matahari pagi, Manfaat lain selain kesehatan, rumah anda juga menjadi berkurang kelembabannya. Anda bisa mencoba menggunakan jendela yang lebar agar cahaya yang masuk ke rumah akan lebih optimal. Kemudian anda perlu memperhatikan penerangan dalam rumah agar rumah tidak menjadi suram. Penerangan yang cukup akan membuat ruangan menjadi lega.

Selain itu, sirkulasi udara juga harus berfungsi dengan baik agar ruangan di rumah anda tidak pengap. Anda bisa memaksimalkan penggunaan ventilasi udara. Selain itu, akan lebih menghemat pendingin ruangan.

  1. Objek yang Mencolok dan Kontras

rumah minimalis-pajangan dinding

Menggunakan lukisan dengan gambar yang menarik akan menjadi kontras dan mencolok dibanding perabotan-perabotan lain yang minimalis. Sehingga lukisan tersebut bisa mencuri perhatian tamu anda yang berkunjung ke rumah anda. Jadi tamu anda tidak akan memperhatikan ruangan yang sempit.

  1. Menjaga Rumah agar Selalu Bersih

rumah minimalis-lemari penyimpanan

Seperti yang sudah disebutkan, kita perlu menghindari menggunakan barang-barang yang tidak penting. Jangan membiarkan barang-barang menumpuk karena akan membuat kesan ruwet dan membuat anda menjadi stress dan bosan saat melihatnya.

Anda juga perlu menata barang anda sehingga terlihat sederhana. Ini juga akan memudahkan anda untuk membersihkan rumah. Rumah yang bersih tentu akan membuat hati anda lebih senang dan terhindar dari stress. Alat-alat kebersihan seperti sapu, pel, lap, dan sebagainya sebaiknya disimpan dalam lebari penyimpanan agar ruangan tetap terlihat rapi.

  1. Menggunakan Desain Tangga yang Ramping

rumah minimalis-tangga minimalis

Rumah yang membutuhkan tangga sebaiknya menggunakan tangga dengan desain yang ramping. Supaya lebih hemat ruang yang tersedia di rumah anda. Sebaiknya peletakan tangga berada di ujung ruanganm supaya tidak mengganggu jalan maupun memakan tempat.

Kemudia mendesain tangga dengan bermacam arah akan lebih menghemat tempat. Karena jika anda hanya menggunakan tangga dengan arah lurus, cenderung membuatnya memakan ruangan, baik lantainya dan juga atasnya. Pilihan tangga dengan bentuk letter L atau melingkar bisa menjadi pilihan tepat untuk rumah minimalis anda.

source: https://uprint.id/blog/desain-rumah-minimalis/

100+ Desain Rumah Minimalis Sederhana dan Modern Terbaru Inspirasi Rumah Idaman

loading…


(Visited 11 times, 1 visits today)
author