Tips Membeli Rumah Syariah

loading…


Begini Cara Beli Rumah Tanpa Riba

Harga rumah yang kian tinggi memaksa kita untuk mengambil hutang riba untuk membelinya. Tapi tunggu dulu Temukan cara cerdas beli rumah tanpa riba disini .Dalam kajian kami, baik bank konvensional maupun bank syariah, keduanya masih mempraktikkan hal yang serupa dengan istilah berbeda. Persamaannya terletak pada fakta transaksi konsumen yang membeli tunai rumah melalui Developer dengan komposisi Uang Muka dibayarkan oleh konsumen .Perumahan adalah salah satu pilihan yang tepat bagi anda yang ingin memiliki rumah baru. Di perumahan yang sering kita jumpai, tidak hanya rumah yang dibangunkan oleh sang pengembang akan tetapi terdapat banyak fasilitas seperti toko, masjid, sarana olah raga, dan lain lain guna menarik .Tak peduli sekecil apapun dan sesederhana apapun, rumah tetaplah istana bagi penghuninya. Tempat berlindung saat malam,

Begini Cara Beli Rumah Tanpa Riba

Begini Cara Beli Rumah Tanpa Riba,banyak yang takut terjerat riba, termasuk dalam membeli rumah. Bahkan bank berlabel syariah pun disinyalir masih belum seratus persen aman dari riba jika sudah menyangkut kredit pemilikan rumah (KPR). Lalu adakah cara membeli rumah tanpa riba yang dapat menjadi solusi?
Berikut ini beberapa cara membeli rumah tanpa riba yang mungkin bisa menginspirasi

1. Membeli tunai

Tentu saja membeli rumah secara tunai tidak akan terkena riba. Meskipun hanya bisa membeli rumah kecil saja jika mengandalkan uang tunai yang ada saat ini, tidak masalah!

Banyak orang yang lebih memilih rumah besar tapi mencicil daripada membeli rumah kecil namun dibayar tunai. Beli saja dulu rumah yang kecil, jika sudah cukup tabungan untuk membeli rumah yang lebih besar, atau membangun rumah lebih besar, baru bisa dilakukan.

2. Cash bertahap

Biasanya developer perumahan memiliki skema pembayaran cash bertahap, meskipun lama waktunya berbeda-beda antara developer. Ada yang hanya bisa dicicil 4,5 bulan, ada yang bisa dicicil setahun. Cash bertahap dilakukan tanpa melalui bank, sehingga akad jual-belinya tanpa melalui pihak ketiga.

 

3. Membeli rumah/ meminjam uang dari anggota keluarga yang sudah mapan

Jika memiliki anggota keluarga yang berkelebihan secara harta, dan ia memiliki pemahaman bagus tentang agama dan syariat Islam, ada baiknya kita berdiskusi dengannya untuk membelikan rumah terlebih dahulu, selanjutnya kita mencicil pembayaran rumah tersebut kepada dirinya.

4. Membeli rumah dari developer syariah

Developer syariah biasanya tidak dibiayai bank sama sekali dari mulai pembelian lahannya, agar lebih terjaga dari riba. Oleh sebab itu tidak akan ada BI checking (pemeriksaan Bank Indonesia) jika kita membeli rumah dari developer syariah, dan tidak ada denda atau penyitaan sebagaimana developer pada umumnya jika telat membayar.

5. Membeli kavling dan membangun rumah sendiri

Cara lainnya untuk memiliki rumah tanpa riba adalah dengan mencicil, beli dulu tanah kavlingnya, kemudian beli bahan-bahan bangunannya dan dibangun perlahan sesuai dana yang dimiliki.

Sumber;http://www.ummi-online.com/begini-cara-beli-rumah-tanpa-riba.html

.

loading…


(Visited 46 times, 1 visits today)
author