Tips Membeli Rumah Setelah Menikah

loading…


Tips Membeli Rumah Setelah Menikah

Baru Nikah Langsung Mau Beli Rumah? Ini Kiatnya!

Fathia Azkia •

Baru Nikah Langsung Mau Beli Rumah? Ini Kiatnya!

RumahCom – Kondisi keuangan setiap pasangan berbeda-beda. Ada yang sudah cukup mapan untuk langsung membeli rumah atau mendapat hibah rumah dari orang tua, tetapi ada juga yang pas-pasan sehingga harus berusaha ekstra untuk langsung punya rumah setelah menikah.

Menikah saat kondisi keuangan masih pas-pasan tidak ada salahnya. Toh, rejeki bisa dicari bersama. Bagi Anda yang ingin segera memiliki rumah setelah menikah namun kondisi keuangan masih belum pas-pasan, sebaiknya anda simak tips berikut ini:

1. Simpan kado pernikahan

Sudah menjadi sesuatu yang lumrah di Indonesia, saat menghadiri pesta pernikahan para tamu akan membawa kado berupa perlengkapan rumah tangga atau amplop yang berisi sejumlah uang.

Nah, uang hasil pemberian para tamu ini sebaiknya ditabung. Kendati nominalnya tidak seberapa, tetapi paling tidak bisa menambah pundi-pundi dana untuk uang muka rumah.

2. Atur gaji bulanan

Sebelum tanggal gajian tiba, biasakanlah untuk menghitung berapa besar penghasilan yang didapat bulan ini.

Memang, nominal gaji biasanya tetap. Tapi siapa tahu bulan ini suami/istri mendapat insentif, uang lembur, atau bisa saja salah satu teman mengembalikan uang yang pernah ia pinjam.

Dari total penghasilan bulanan suami-istri, sisihkan 25-30% untuk tabungan rumah. Artinya, hanya ada 70-75% uang dari gaji yang boleh dipergunakan untuk keperluan rumah tangga.

Sumber: Pixabay

Sumber: Pixabay

3. Alokasikan ke investasi lain

Bila merasa sulit menabung karena takut uangnya terpakai, maka Anda bisa mencoba mengalihkan dana ke bentuk investasi emas maupun reksa dana.

Contoh; jika gaji gabungan (suami dan istri) adalah Rp10 Juta per bulan, maka 25 persennya atau Rp2,5 Juta bisa diubah menjadi emas batangan atau logam mulia 24 karat seberat 5 gram.

Meski kenaikannya lambat, investasi emas cenderung lebih aman ketimbang investasi lain seperti reksadana.

4. Tinggal bersama orang tua

Bagi pasangan baru, tinggal bersama orang tua dahulu tidak ada salahnya jika kondisi rumah orang tua mendukung.

Tetapi, ini Anda lakukan hanya selama periode menabung, agar Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk mengontrak atau kos.

5. Cari perumahan sesuai kemampuan

Anda harus memasang target menabung, misalnya satu atau dua tahun. Pasalnya, harga rumah rata-rata naik secara konsisten. Jika rencana menabung terlalu lama, dikhawatirkan harga sudah rumah naik cukup drastis sehingga tidak terkejar oleh tabungan Anda.

Karena itu, untuk rumah pertama, tak ada salahnya jika mencari di kawasan kota satelit atau kawasan penyangga kawasan ekonomi utama. Harga rumah di kawasan ini relatif lebih terjangkau.

Di Jakarta, misalnya, salah satu kawasan penyangganya adalah Bogor. Kawasan ini cukup ideal untuk mencari rumah pertama dengan harga terjangkau.

Meski agak jauh dari Jakarta, akses transportasi dari dan menuju ke Jakarta dari Bogor sudah tersedia dengan kualitas yang memadai, salah satunya Kereta Rel Listrik (KRL) jalur komuter.

KRL bebas macet sehingga jarak tempuh Jakarta-Bogor hanya memakan waktu 80 menit (dari stasiun awal hingga stasiun akhir).

Selain KRL, jalur tol juga tersedia. Dalam waktu 1-2 tahun lagi, Bogor akan memiliki Light Rail Transit (LRT) sebagai transportasi alternatif KRL.

Bagi Anda yang tertarik mencari hunian di Bogor, berikut tiga perumahan yang menawarkan harga terjangkau;

Coco Garden Residence

Coco-Garden-Residence

Bagi pasangan yang punya gaji terbatas, perumahan ini patut dipertimbangkan karena menawarkan harga jual rumah mulai Rp225 Juta. Harga ini berlaku untuk rumah tipe LB 30m2 dan LT 60m2.

Keunggulan dari perumahan ini adalah view yang menghadap langsung ke perbukitan, sehingga tidak berlebihan rasanya bila menyebut Coco Garden Residence terasa seperti sebuah resort.

Hunian ini menggunakan batako untuk dindingnya, dengan finishning yang cukup rapi. Tambahan fasilitas lingkungan meliputi sekolah, taman bermain, dan gazebo.

Samasta Citayam

samasta citayam

Kawasan Citayam kini merupakan salah satu wilayah di Bogor yang tingkat perkembangan propertinya cukup signifikan, terutama dari sisi investasi.

Tak pelak Citayam masuk ke dalam urutan prospek investasi di Bogor, bersaing dengan Dramaga, Baranangsiang, dan Cibinong. Penyebabnya, keempat wilayah ini masih menjadi pusat aktvitas penduduk yang cukup padat.

Salah satu properti menarik di Citayam bisa ditemui di perumahan Samasta Citayam. Unit rumah di sini dipatok mulai Rp230 Juta, hanya terpaut Rp5 Juta saja dengan unit terkecil di Coco Garden Residence.

Berbicara soal fasilitas di dalam perumahan, pengembang Young and Loud Development menyediakan sebuah taman hijau yang bisa digunakan untuk taman bermain anak atau sekedar berkumpul bersama warga.

Kemang Mansion

kemang mansion bojong gede

Di Jalan Baru Kemang (Jalan H. Muhidi), Bojong Gede, ada perumahan kelas menengah-bawah yang memasarkan hunian dengan kisaran harga Rp219 Juta hingga Rp315 Juta. Adalah perumahan Kemang Mansion yang mengusung gaya minimalis pada hunian.

Demi meringankan beban finansial konsumen, pengembang memberi kemudahan pembayaran uang muka sebesar 10% yang bahkan bisa dicicil dua kali. Padahal ketentuan DP yang ditetapkan BI saat ini adalah 15%.

Harga jual sudah termasuk PPN, pemasangan instalasi listrik & air bersih, serta kompor tanam. Pihak pengembang juga menawarkan cicilan KPR dengan jangka waktu 10 tahun, 15 tahun, 20 tahun, dan 25 tahun.

Sumber; https://www.rumah.com/berita-properti/2016/10/137185/baru-nikah-langsung-mau-beli-rumah-ini-kiatnya

Image Result For Tips Membeli Rumah Setelah Menikah

Image Result For Tips Membeli Rumah Setelah Menikah

  • Image Result For Tips Membeli Rumah Setelah Menikah
  • Image Result For Tips Membeli Rumah Setelah Menikah
  • Image Result For Tips Membeli Rumah Setelah Menikah
  • Image Result For Tips Membeli Rumah Setelah Menikah
  • Siapa Sih Yang Gak Mau Punya Rumah Setelah Menikah Semua Pasangan Pasti Punya Mimpi Untuk Tinggal Bersama Di Rumah Yang Selama Ini Mereka Impikan
  • Tips Cepat Membeli Hunian Setelah Menikah
  • Mau Tinggal Di Mana Setelah Menikah Nanti Inilah Alternatif Tempat Tinggal Beserta Keuntungan Dan Kerugiannya
  • Ingin Cepat Punya Rumah Kurangi Pengeluaran Ini
loading…


(Visited 41 times, 1 visits today)
author