Simak Tahap Lengkap Mengajukan KPR

loading…


KPR merupakan singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah, yaitu produk pembiayaan untuk pembeli rumah dengan skema pembiayaan sampai dengan 85% – 90% dari harga rumah.

Hingga saat ini KPR disediakan oleh perbankan, walaupun sudah ada perusahaan pembiayaan yang menyalurkan pembiayaan dari lembaga sekunder untuk pembiayaan perumahan (housing financing).

Simak juga: Ini Daftar Pilihan Hunian dengan Cicilan KPR Rp4 Jutaan

Pengembang biasanya sudah bekerja sama dengan bank untuk mempermudah proses pengajuan KPR. Oleh sebab itu, salah satu pertimbangan saat membeli rumah adalah bank yang menyalurkan KPR.

Permohonan KPR diajukan dengan mengisi formulir pemesanan unit dari pengembang serta melunasi biaya pemesanan dan uang muka. Lengkapi formulir pengajuan kredit dan siapkan dokumen-dokumen penting seperti yang tertera dalam daftar persyaratan berikut ini.

Dokumen KPR Standar

Usia tidak lebih dari 50 tahun ketika mengajukan permohonan KPRFotokopi KTP pemohonAkta nikah atau ceraiKartu keluargaSurat keterangan WNI (untuk WNI keturunan)Dokumen kepemilikan agunan (SHM, IMB, PBB)

Dokumen Tambahan untuk Karyawan

Slip gajiSurat keterangan dari tempat bekerjaBuku rekening tabungan yang menampilkan kondisi keuangan 3 bulan terakhir

Dokumen Tambahan untuk Wiraswasta atau Profesional

Bukti transaksi keuangan usahaCatatan rekening bankNPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)SIUPSurat izin usaha lainnya, seperti Surat Izin Praktik untuk para dokterTanda Daftar Perusahaan (TDP)

Mau tahu apa saja keunggulan membeli rumah dengan fasilitas KPR? Lihat tipsnya dalam video berikut ini:

View the original article here

loading…


(Visited 36 times, 1 visits today)
author