Saat Beli Apartemen Ini Biaya yang Wajib Disiapkan

loading…


Liputan6.com, Jakarta Apartemen memang punya banyak kelebihan, sebut saja mulai dari lokasinya yang strategis hingga fasilitas yang memanjakan gaya hidup penghuninya. Namun membeli hunian bukan seperti beli pisang goreng, ada biaya lainnya yang wajib disiapkan saat beli apartemen.

Nah, karena kelebihannya itulah banyak orang yang tertarik untuk membeli apartemen. Ya, bahkan berdasarkan data Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2017, sebanyak 57% dari 1.020 responden di Indonesia kini memilih apartemen sebagai tipe hunian yang akan dibeli.

Baca juga: Pahami Tipe-tipe Apartemen Agar Tak Keliru Saat Beli

Hal di atas merupakan peningkatan jika dibandingkan survei pada Semester 2 tahun 2016, di mana hanya 35% responden yang tertarik membeli apartemen. Pertanyaannya, apakah Anda juga berencana membeli apartemen?

Asal tahu saja, di samping harga apartemen yang harus dibayar—baik tunai atau menggunakan fasilitas Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)—Anda juga harus menyediakan biaya tambahan. Dan seperti yang dirangkum dari Rumah.com, inilah biaya-biaya yang wajib disiapkan saat beli apartemen.

Menurut peraturan pemerintah hanya properti yang harganya di bawah Rp42 juta saja yang dibebaskan dari PPN (pajak pertambahan nilai). Dengan demikian, pembelian apartemen akan dikenakan biaya PPN 10% dari harga jual. PPN biasanya dibayarkan melalui developer, termasuk pelaporannya dilakukan oleh developer.

View the original article here

loading…


(Visited 18 times, 1 visits today)
author