Perumahan Klaster Pilihan Paling ‘Bener’

loading…


Liputan6.com, Jakarta Sedang cari-cari rumah? Tak perlu muter-muter, paling bener pilih perumahan klaster. Istilah perumahan klaster sendiri merujuk pada lingkungan perumahan yang dibangun berkelompok dalam satu area, dengan model desain rumah yang sama dan terbuka tanpa pagar.

Bahkan berdasarkan hasil survei yang dirilis Rumah.com Property Affordability Sentiment Index 2017, sebanyak 97% masyarakat Indonesia cenderung memilih untuk tinggal di dalam perumahan klaster yang dikembangkan developer ketimbang rumah di non klaster (pemukiman warga).

Rumah.com Property Affordability Sentiment Index sendiri merupakan survei tahunan yang dilakukan oleh Rumah.com bekerjasama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura, dengan total 1.020 responden yang dilakukan pada bulan Januari – Juni 2017.

Baca juga: 7 Tips Agar Aman dan Nyaman Tinggal di Klaster

“Perumahan yang berada dekat stasiun commuter line paling diburu oleh pencari properti karena menawarkan waktu tempuh yang lebih cepat dan jadwal keberangkatan yang lebih banyak setiap hari,” terang Ike Hamdan, Marketing Manager Rumah.com.

Dan dengan segala keunggulannya, perumahan klaster memang paling cocok untuk masyarakat perkotaan yang sibuk dan keluarga muda. Seperti: 

Komplek perumahan klaster biasanya dikelilingi tembok tinggi dan hanya memberlakukan satu jalur keluar-masuk, bahkan ada juga yang memberlakukan sistem ID Card.

Perumahan klaster umumnya dibuat lebih ekslusif dibanding perumahan biasa. Beberapa fasilitas umum yang biasanya disediakan, di antaranya taman bermain, kolam renang, dan lapangan olahraga.

Perumahan klaster biasanya punya banyak area taman bermain dan cenderung sepi dari lalu lalang kendaraan sehingga lebih aman untuk aktivitas anak-anak.

Perumahan klaster biasanya memiliki lebih banyak area hijau dengan jajaran pohon rindang dibanding kompleks perumahan biasa.

Perumahan klaster dibangun dengan konsep eksklusif. Desain bangunan yang modern dengan beragam fasilitas memadai secara otomatis memengaruhi nilai sosial para penghuninya, meningkatkan gengsi.

View the original article here

loading…


(Visited 21 times, 1 visits today)
author