Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Beli Rumah

loading…


Liputan6.com, Jakarta Ya, semua orang paham bahwa rumah adalah kebutuhan dasar manusia, sama pentingnya seperti sandang dan pangan. Namun bukan berarti beli rumah bisa sembarangan. Untuk aman dan nyamannya, sebelum beli rumah pertimbangkan juga beberapa hal.


Apalagi mengingat membeli rumah bisa jadi merupakan salah satu keputusan terbesar sepanjang hidup Anda. Jadi ada baiknya jangan kelewat bernafsu sehingga terburu-buru. Jadi sebelum beli rumah, pertimbangkan hal seperti yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini.


Ketika membeli rumah—terutama dengan kredit pemilikan rumah (KPR)—hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah uang muka. Harus Anda ketahui, bahwa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli rumah tak sekadar uang muka, cicilan, dan suku bunga saja.


Jika untuk simulasi cicilan per bulan Anda bisa gunakan kalkulator keterjangkauan. Sedang untuk biaya tambahan seperti biaya appraisal, biaya bank, biaya notaris, dan biaya pajak perlu Anda perhitungkan juga.


Tentukan kriteria rumah yang diinginkan sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Pertama, apakah Anda menginginkan rumah dengan akses yang baik atau rumah yang tenang dan bebas polusi? Tentukan prioritas Anda!


Perlu diingat, lokasi yang jauh dari keramaian jangan sampai membuat biaya transportasi Anda dan keluarga membengkak. Dan inilah daftar perumahan dengan akses transportasi mudah ke ibukota dengan harga mulai dari Rp300 jutaan.


View the original article here

loading…


(Visited 39 times, 1 visits today)
author