Memilih Warna Keramik Untuk Rumah

loading…


Tips Memilih Keramik Rumah Minimalis Yang Bagus dan Murah

Tips Memilih Keramik dapat menjadi panduan anda dalam memilih keramik yang berkualitas. Sekarang ini keramik merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam proses pembangunan sebuah rumah. Dari mulai daerah perkotaan sampai ke pelosok-pelosok desa mengaplikasikan keramik sebagai pilihan utama untuk lantai rumahnya. Berbagai jenis keramik dengan macam-macam fungsinya pun sangat mudah untuk didapatkan. Setiap toko bangunan selalu memajang keramik di barisan standing display paling depan layaknya primadona bahan bangunan

Memang sih keramik sedang digandrungi karena jika diaplikasikan pada lantai akan menimbulkan efek bersih dan mewah. Selain itu harga keramik pun begitu bersahabat dengan kantong masyarakat kelas menengah ke bawah. Oleh sebab itu tak salah jika keramik menjadi salah satu bahan baku bangunan yang amat penting khususnya bagi masyarakat Indonesia.

Tips Memilih Keramik

Tips Memilih KeramikKeramik mempunyai berbagai jenis yang bisa disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan dalam pemakaiannya. Maka dari itu anda harus pandai-pandai memilih keramik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Jika anda salah pilih maka hal tersebut akan berpengaruh besar bagi kehidupan anda sehari-hari bahkan bisa membahayakan keluarga anda. Jadi yang bisa anda lakukan adalah melakukan pemilihan keramik yang tepat sesuai dengan kegunaannya. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai tips memilih keramik. Yuk mari kita simak penjelasannya!

Beberapa tips bagaimana caranya memilih keramik akan dijelaskan secara rinci, berikut penjelasannya :

1. Pilihlah Keramik Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Hal ini perlu dilakukan pada saat anda akan membeli keramik untuk memenuhi kebutuhan dalam pembangunan rumah anda. Mengapa demikian? Pemilihan yang sesuai dan baik akan sangat menentukan kenyamanan pemilik rumahnya. Seperti contohnya pemilihan keramik yang akan diaplikasikan di kamar mandi. Jenis keramik yang akan diaplikasikan pada kamar mandi tentunya berbeda dengan jenis keramik yang akan dipasang di bagian-bagian utama rumah anda. Keramik yang cocok diaplikasikan di bagian lantai kamar mandi adalah keramik yang mempunyai ciri-ciri fisik yakni dengan tekstur yang agar kasar.

Mengapa harus menggunakan tekstur yang agar kasar? Tekstur agak kasar akan mengurangi tingkat kelicinan yang ditimbulkan jika keramik berinteraksi langsung dengan air. Mengingat kamar mandi sendiri memang akan selalu basah, jadi penggunaan keramik dengan tekstur kasar akan mencegah hal-hal yang dapat membahayakan keluarga anda. Seperti halnya mencegah agar tidak terpeleset.


2. Pilihlah Keramik Dengan Ukuran Yang Seimbang Dengan Rumah Anda

Pilihlah Keramik Dengan Ukuran Yang Seimbang Dengan Rumah AndaKeseimbangan itu menjadikan sebuah suasana rumah menjadi lebih indah dan nyaman untuk ditempati. Pemilihan bahan-bahan seperti keramik pun harus diperhatikan dalam menjaga keseimbangan terhadap desain sebuah rumah.

Anda harus cermat dan teliti dalam menentukan ukuran keramik yang akan di beli. Jika ruangannya relatif kecil pilihan ukuran keramik dengan ukuran standar saja, apabila anda menerapkan ukuran keramik yang besar maka ruangan anda akan terlihat aneh dan tidak matching.

Begitu pula sebaliknya dengan penggunaan pada ruangan yang besar, gunakanlah ukuran keramik yang besar, jika anda memaksakan menggunakan keramik yang berukuran kecil maka ruangan akan terlihat sangat ramai karena keramik yang dipakai relatif banyak. Hal itu akan mengurangi daya tarik yang ditimbulkan dari sebuah ruangan tersebut.

3. Pilihlah Keramik Dengan Warna Yang Seimbang Dengan Rumah Anda

Dalam pemilihan warna pun juga harus diperhatikan, jangan mengaplikasikan warna yang terlalu terang dan mencolok karena itu akan berdampak buruk terhadap penglihatan anda. Warna yang terang dan mencolok akan menimbulkan kesilauan yang membuat anda kurang nyaman nantinya. Pilihlah warna yang soft dan sesuaikan pada warna dinding rumah anda agar tampak lebih indah dan menarik.

4. Pilihlah Keramik Yang Sesuai Dengan Kantong Anda

Nah, pemilihan keramik juga harus disesuaikan dengan budget yang anda punya. Pasalnya keramik dengan warna yang sama persis itu jumlahnya terbatas. Jadi anda sebelum memutuskan membeli keramik pastikan budget anda sudah cukup sehingga dapat membeli keramik dengan warna yang sama sejumlah dengan kebutuhan anda. Jika pembelian keramiknya kredit, beresiko terhadap warna yang di dapatkan.

Takutnya warna yang anda beli sebelumnya tidak sama dengan warna yang anda beli setelahnya. Saran saya sebaiknya perhitungkan baik-baik jumlah keramik terlebih dahulu dan persiapkan budget yang anda butuhkan. Sehingga anda bisa membeli keramik dalam satu warna dan tentunya tidak beresiko terhadap perbedaan warna yang didapatkan.

5. Sebisa Mungkin Pilihlah Keramik Yang Bergaransi

Sebelum membeli keramik dalam jumlah tertentu, sebaiknya anda juga mempertimbangkan hal yang satu ini. Pemilihan keramik yang mempunyai garansi sangatlah penting dan juga bermanfaat bagi anda walaupun garansi tersebut terbilang sangat singkat itu tidak menjadi masalah. Yang terpenting ada garansinya, sehingga jika terjadi cacat saat dibuka segelnya setidaknya masih bisa ditukarkan dengan yang bagus. Pengalaman ketika membeli keramik yang menurut saya sangat efektif adalah tanyakan terlebih dahulu rata-rata garansi yang ditawarkan oleh toko bangunan atau pun garansi dari pabriknya langsung. Setelah anda tahu jangka waktu garansi yang ditawarkan, anda bisa tahu estimasi waktu pembelian keramik yang efektif untuk anda.

Contohnya seperti ini, perhatikan jangka waktu masa garansi yakni jika garansi sekitar satu bulan sebaiknya anda membeli keramik seminggu sebelum pemasangan. Berarti anda masih punya waktu kan sekitar 3 minggu buat space pemasangan. Apabila ada yang cacat anda bisa langsung claim ke toko bangunan sehingga anda pun tidak dirugikan. Hindari pembelian keramik jauh-jauh hari sebelum proses pemasangan. Resikonya anda tidak bisa claim karena masa garansi sudah tidak berlaku lagi.

6. Pilihlah Bahan Baku Keramik Yang Tepat

Keramik yang bagus pun belum tentu mempunyai bahan baku yang baik. Sebagai pembeli anda harus lebih cermat dan teliti agar nantinya keramik yang anda pasang bisa awet dan tahan lama. Anda bisa minta sample terlebih dahulu kepada toko bangunan pilihan anda. Perhatikan bahan baku sample tersebut, terlihat kokoh atau justru rentan kropos. Tapi anda juga perlu waspada, biasanya sample itu dibuat lebih baik kualitasnya dibanding dengan product aslinya. Jadi anda wajib responsive terhadap situasi seperti ini.

Buatlah kesepakatan dengan penjual, jika kondisi product yang dibeli kualitasnya tidak sesuai dengan sample yang telah ditunjukkan kepada anda, maka anda berhak untuk melakukan claim ataupun complain terhadap product yang anda dapatkan untuk diganti dengan yang baru. Mungkin kondisi seperti ini seringkali dianggap remeh dan diabaikan oleh para konsumen.

7. Pilihlah Motif Yang Sesuai Dengan Ruangan Anda

Sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya anda juga melakukan pertimbangan terhadap motif keramik yang akan anda terapkan nantinya pada suatu ruangan.

Anda bisa memilihnya sesuai tekstur pada permukaan keramik. Untuk ruang utama, kamar tidur, ruang keluarga dan ruang makan, saran saya anda bisa aplikasikan keramik yang sederhana saja agar bisa seimbang dengan desain dan warna cat pada rumah anda.Sebagian besar masyarakat saat ini cenderung suka dengan model minimalis, jadi motif sederhana sangat cocok.

Untuk dapur anda bisa mengaplikasikan warna yang sedikit gelap agar dapur anda tidak terlihat kotor. Kemudian untuk kamar mandi anda bisa aplikasikan keramik dengan permukaan bertekstur agak kasar agar tidak licin dan motifnya sedikit ramai juga akan menambah keindahan kamar mandi anda.

8. Pilihlah Keramik Dengan Motif Yang Tidak Pasaran

Memiliki hunian yang unik dan berbeda dari yang lain serta tidak pasaran adalah menjadi impian setiap orang. Nah, pemilihan motif keramik yang berbeda akan ikut menyumbang keunikan rumah anda nantinya. Anda bisa menanyakan ke toko bangunan tempat anda membeli yakni motif mana yang cenderung jarang dibeli oleh konsumen atau bahkan motif yang limited edition tapi harganya terjangkau. Jika anda kreati anda bisa mengkombinasikan beberapa warna keramik yang mempunyai tingkatan warna tidak jauh berbeda sehingga akan timbul kesan khusus yang menarik dan mempunyai nilai seni.

9. Pemilihan Permukaan Lantai

Pada saat memilih keramik yang perlu anda ketahui juga adalah tipe permukaan lantai yang nantinya akan diaplikasikan ke dalam suatu ruangan. Ruangan-ruangan tertentu pastinya ada yang harus disesuaikan dengan keramik yang akan digunakan. Misalnya, untuk kamar mandi dan ruang-ruang lain yang sering berinteraksi langsung dengan air, sebaiknya menggunakan jenis keramik dengan permukaan yang agak kasar. Fungsinya agar tidak licin dan tidak membahayakan bagi penggunanya.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa sebelum memutuskan membeli keramik alangkah baiknya memperhatikan bagaimana tips yang baik dalam memilih keramik. Kemudian pertimbangkan terhadap segala aspek yang mungkin timbul nantinya. Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai tips untuk memilih keramik. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber; https://rumahlia.com/desain/lantai/tips-memilih-keramik

Image Result For Memilih Warna Keramik Untuk Rumah

Image Result For Memilih Warna Keramik Untuk Rumah

  • Image Result For Memilih Warna Keramik Untuk Rumah
  • Image Result For Memilih Warna Keramik Untuk Rumah
  • Image Result For Memilih Warna Keramik Untuk Rumah
  • Image Result For Memilih Warna Keramik Untuk Rumah
  • Contoh Keramik Mengkilap
  • Tips Memilih Keramik Teras Rumah Minimalis Yang Tepat
  • Tips Memilih Keramik Yang Baik Dan Tepat Untuk Rumah Minimalis Anda
  • Tips Cara Memilih Warna Keramik Yang Pas Untuk Rumah Minimalis
loading…


(Visited 49 times, 1 visits today)
author