Desain Tangga Kayu Modern untuk Rumah Minimalis 2 Lantai

loading…


Desain Tangga Kayu Modern untuk Rumah Minimalis 2 Lantai

Salah satu unsur penting yang tidak boleh terlupakan dalam membangun rumah 2 lantai adalah tangga. Sejak dulu, material kayu sudah sering digunakan untuk membuat tangga tradisional. Seiring berjalannya waktu, ternyata makin banyak ide desain tangga kayu modern yang cocok untuk hunian minimalis.

Tidak hanya tampak kekinian, tangga kayu modern pun dapat memberikan nuansa hangat ke dalam rumah. Buat kamu yang lagi bangun rumah bertingkat, ini dia beberapa ide desain tangga kayu yang bisa dijadikan pilihan.

Tangga Kayu Masa Kini

ide desain tangga kayu
Image: nouwcdn.com

Material kayu terkenal akan kekuatannya dan juga daya tahannya yang cukup tinggi. Itu sebabnya, sejak zaman dulu masih banyak orang yang memilih untuk menggunakan material ini untuk elemen rumahnya. Walau dibilang jadul, kayu bisa tampak modern jika dipadukan dengan material lainnya.

Kayu Industrial

Ide Desain Tangga Kayu
Image: insurhouse.com

Sebagai contoh, kamu bisa memadukan material kayu dengan besi berwarna hitam. Ide desain tangga kayu ini sangatlah modern dan tengah digandrungi karena cocok untuk hunian minimalis bergaya industrial. Bentuk dari tangga ini pun tidak macam-maam dan cenderung simpel.

 

Tangga Putar

ide tangga rumah kayu
Image: http://www.archipost.com/

Desain tangga lurus sih sudah bisa kali ya untuk yang berkonsep modern. Akan tetapi, ide desain tangga kayu dengan bentuk berputar atau ulir masih jarang digunakan. Terinspirasi dari konsep jadul, tangga kayu masa kini pun cocok kok jika mengadaptasi bentuk ini.

Menggunakan Railing

Ide desain tangga kayu
Image: lethanhtungs.com

Punya anak-anak di rumah? Pastikan kamu menggunakan pengaman di sisi-sisi sampingnya dengan pegangan alias railing. Nah, railing ini sendiri bisa kamu buat dengan menggunakan material kayu atau lainnya. Dengan menggunakan bahan yang sama, kamu bisa mendapatkan hasil desain tangga yang yang lebih menarik.

Railing Kaca

Ide desain tangga kayu
Image: decorrosion.com

Ide desain tangga kayu yang modern juga kerap menggunakan material kaca sebagai pembatas atau railing-nya. Kaca yang digunakan adalah material khusus, tidak mudah pecah dan juga halus ketika dipegang. Dijamin, tangga rumah minimalis 2 lantai kamu bisa tampak jadi lebih kekinian dan modern.

 

Kayu & Warna Putih

Ide desain tangga rumah kayu
Image: homestylecentral.com

Bukan hanya warna hitam yang cocok untuk dipadukan dengan tangga kayu. Warna terang namun tetap netral seperti putih pun ternyata bisa memberikan nuansa tersindiri pada rumah 2 tingkat. Kesan yang ditimbulkan sangat manis, bersih, dan juga rapi.

Desain Tangga Mengambang

Ide tangga kayu
ImageL worldofarchi.com

Sekarang ini makin banyak bangunan yang menerapkan ide desain tangga kayu yang seolah tampak mengambang. Agar bisa mendapatkan penampilan tersebut, step pada tangga dibuat terpisah dan hanya berbentuk papan-papang dengan ketinggian yang sama. Setelah itu, tangga sengaja tidak diberi railing pada kedua sisinya.

Baca Juga: 13 Desain Pagar Rumah Mungil yang Cocok untuk Hunian Kaum Milenial

Tangga Mepet Dinding

Ide tangga kayu
Image: lushome.com

Tangga melayang akan lebih aman diaplikasikan pada rumah 2 lantai jika dibuat dengan gaya menempel pada dinding. Kamu jadi tidak perlu khawatir atau takut terjatuh setiap akan naik tangga. Sebab masih ada permukaan dinding pada bagian kanan dan kiri untuk dijadikan pegangan.

Perpaduan beton dan kayu

ide desain tangga kayu
Image: https://jurnal.maskoolin.com

Rumah minimalis bisa juga memilih ide desain tangga kayu dengan aksen beton. Jika tangga beton terlihat sangat kokoh atau maskulin, aplikasi bahan kayu bisa membuat tangga ini terlihat hangat dan tidak berat.

Desain tangga kayu berpadu dengan besi kokoh

Ide desain tangga
Image: houzz.com

Tidak ada salahnya memilih tangga kayu yang dipadu dengan besi kokoh. Desain tangga seperti ini masih bisa digunakan di rumah mungil karena perpaduan elemen kayu dan besi. Untuk kesan lebih minimalis pilihlah warna kayu yang lebih tua plus besi yang dicat hitam.

 

Tangga kayu sebagai ruang penyimpanan

Ide desain tangga
Image: http://konstruksirumah.com/

Salah satu mensiasati rumah mungil adalah dengan memanfaatkan ruangan dengan cermat. Tangga juga bisa menjadi tambahan ruangan di dalam rumahmu. Cara ini bisa membuat semua ruaganmu dimanfaatkan dengan sangat maksimal.

Selain desain yang memukau, kamu pun tidak boleh terlewat untuk membuat tangga yang ukurannya ideal dengan para penghuni rumah. Ada tiga hal yang perlu kamu pertimbangkan yaitu luas, lebar, dan tinggi dari anak tangga yang dibuat.

Luas tangga yang ideal untuk rumah minimalis tidak terlalu ramai adalah 80-120 cm. Sementara itu, tinggi anak tangga yang ideal memiliki ukuran antara 15-19 cm. Terakhir, lebar yang pas ialah minimal 27 cm.

Sumber; https://www.shopback.co.id/blog/11-ide-desain-tangga-kayu-modern-untuk-rumah-minimalis-2-lantai

loading…


(Visited 74 times, 1 visits today)
author