Candi Ijo Pesona Wisata DiWaktu Senja

loading…


Candi Ijo dibangun di atas Bukit Hijau atau Gumuk Ijo dan menjadi candi dengan lokasi paling tinggi di Yogyakarta. Dari teras candi, pengunjung bisa menyaksikan bentang alam nan indah dan juga sunset yang menawan.

Kawasan Yogyakarta bagian timur kaya akan bangunan candi megah hingga candi-candi kecil nan indah. Mulai dari yang paling popular seperti Candi Prambanan dan Istana Ratu Boko, hingga candi-candi tersembunyi seperti Candi Plaosan, Candi Sambisari, Candi Barong, Candi Sojiwan, Candi Sewu, Candi Tara, dan masih banyak lagi. Salah satu candi cantik yang belum begitu banyak diperbincangkan adalah Candi Ijo.

Candi Ijo dibangun sekitar abad ke-9. Kompleks candi terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi dalam 11 teras berundak. Peletakan bangunan pada tiap teras berdasarkan pada kesakralannya, dan bangunan yang berada di teras tertinggi merupakan bangunan yang paling sakral. Saat ini bangunan yang masih utuh terletak pada teras ke-11. Di teras tertinggi tersebut terdapat empat bangunan berupa satu candi utama dan tiga candi pewara.

Ragam bentuk seni rupa dijumpai sejak pintu masuk bangunan yang tergolong candi Hindu ini. Tepat di atas pintu masuk terdapat kala makara dengan motif kepala ganda dan beberapa atributnya. Motif kepala ganda dan atributnya yang juga bisa dijumpai pada candi Buddha menunjukkan bahwa candi itu adalah bentuk akulturasi kebudayaan Hindu dan Buddha. Beberapa candi yang memiliki motif kala makara serupa antara lain Ngawen, Plaosan dan Sari.

Ada pula arca yang menggambarkan sosok perempuan dan laki-laki yang melayang dan mengarah pada sisi tertentu. Sosok tersebut dapat mempunyai beberapa makna. Pertama, sebagai suwuk untuk mngusir roh jahat dan kedua sebagai lambang persatuan Dewa Siwa dan Dewi Uma. Persatuan tersebut dimaknai sebagai awal terciptanya alam semesta. Berbeda dengan arca di Candi Prambanan, corak naturalis pada arca di Candi Ijo tidak mengarah pada erotisme.

Terletak di selatan Kompleks Istana Ratu Boko, Candi Ijo berdiri dengan gagahnya. Bangunannya yang berada di lereng bukit menjadikan candi ini sebagai candi dengan lokasi tertinggi di Jogja. Dari teras candi, wisatawan bias menyaksikan pemukiman penduduk dan areal perladangan di bawah, burung-burung besi yang landing maupun take off dari bandara Adi Sutjipto, landskap Merapi, hingga pemandangan mentari senja.

Lokasi Candi Ijo;

Candi Ijo berlokasi di Bukit Ijo, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses ;
Berjarak 28 km ke arah timur dari kota Yogyakarta. Para pengunjung dapat menempuh rute menuju Candi Prambanan dengan jalur bus transjogja . Dari candi Prambanan menggunakan jasa ojek atau taxi menuju kearah selatan ( kekanan jika berasal dari Yogyakarta, tau kekiri jika dari arah Solo. Arah untuk menuju candi Ijo berada di jalan raya yang menghubungkan Yogyakarta dan Piyungan. Setelah berjalan sekitar 15 menit anda akan dapat menemukan papan nama arah ke candi Ijo yang selanjuttnya anda akan dibawa ke kompleks candi Ijo yang terletak di Bukit Ijo.

loading…


(Visited 71 times, 1 visits today)
author