Arah Dan Fengsui Rumah Yang Baik Dalam Islam

loading…


tips jitu membeli rumah

Arah Rumah Dari Perspektif Syariat Islam

 

Rumah dibangun sebagai tempat tinggal tentunya membawa nilai bagi penghuninya. Memiliki rumah yang baik dan layak huni adalah kebutuhan yang sangat didamba setiap orang. Rumah yang dibangun hendaknya bisa memenuhi kebutuhan siapapun yang tinggal didalamnya. Sebenarnya rumah atau bangunan yang didirikan dalam islam tidaklah begitu dipermasalahkan bentuk, susunan maupun arahnya. Akan tetapi sebaiknya hal-hal tertentu dibangun sesuai dengan syariat agama islam dan bukan dengan mengacu pada ramalan tata rumah seperti Fengshui yang biasa dilakukan oleh masyarakat China. Lalu bagaimanakah sebuah rumah muslim seharusnya dibangun dan bagaimana arah rumah yang benar dalam islam? simak penjelasan berikut ini.

 

Rumah Dalam Syariat Islam

 

Dalam  islam, sebuah rumah tidak hanya digunakan sebagai tempat tinggal keluarga tapi juga merupakan tempat ibadah dimana anggota keluarga didalamnya melaksanakan ibadah shalat khususnya para wanita,dan umum nya dalam rumah pasti disediakan rung khusus untuk sholat. Perihal mengenai rumah ini disebutkan dalam firman Allah SWT dalam ayat berikut ini

 

وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ بُيُوتِكُمْ سَكَنًا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنْ جُلُودِ الْأَنْعَامِ بُيُوتًا تَسْتَخِفُّونَهَا يَوْمَ ظَعْنِكُمْ وَيَوْمَ إِقَامَتِكُمْ ۙ وَمِنْ أَصْوَافِهَا وَأَوْبَارِهَا وَأَشْعَارِهَا أَثَاثًا وَمَتَاعًا إِلَىٰ حِينٍ

 

Dan Allah menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagi kamu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit binatang ternak yang kamu merasa ringan (membawa)nya di waktu kamu berjalan dan waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu unta dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan perhiasan (yang kamu pakai) sampai waktu (tertentu).(Qs An Nahl : 80)

 

Kriteria Rumah Bagi Muslim

 

Rumah seorang muslim memang tidak jauh berbeda dan tidak bisa dibedakan dari rumah orangnon muslim dari segi bentuknya, namun syariat juga menentukan aturan-aturan dan kriteria sebuah rumah dibangun dalam islam. Adapun yang menjadi tanda rumah seorang muslim yang sesuai syariat adalah sebagai berikut

Rumah menghadap kiblat

Wc atau kamar mandi tidak boleh menghadap kiblat

Tidak terdapat lukisan, patung, dan barang-barang lain yang bentuknya menyerupai makhluk ciptaan Allah SWT

Terjaga kebersihannya, Utama nya saluran air,dapur dan kamar mandi.

Tidak memelihara anjing. Umat islam tidak bisa memelihara anjing dalam rumahnya karena malaikat tidak akan masuk kedalam rumah dimana terdapat anjing didalamnya.

Ditanami pohon-pohon yang asri untuk memberikan kesejukan kepada yang tinggal didalamnya serta menjaga kebersihan udara disekitarnya.

Arah Rumah Dalam Islam

 

Meskipun tidak ada dalil khusus yang meyebutkan tentang arah atau sudut bagian depan rumah, dalam islam ada petunjuk dan anjuran yang bisa diikuti. Berikut adalah penjelasan arah rumah menurut islam :

 

Menghadap kiblat atau arah shalat

 

Dalam hal ini sebuah rumah yang baik sebaiknya menghadap kiblat atau arah ketika shalat . Hal ini agar orang-orang yang tinggal didalamnya maupun tamu yang berkunjung kerumahnya dapat mengetahui arah kiblat dengan benar.

 

Dekat Dengan Masjid

 

Arah rumah sebaiknya menghadap kiblat dan terletak didekat tempat ibadah seperti masjid atau mushalla. Hal ini ditujukan agar seseorang bisa pergi menuju masjid dengan mudah dan mendengar adzan yang dikumdangkan dengan jelas. Rumah yang terletak didekat masjid juga diyakini akan membawa lebih banyak keberkahan karena jika dekat dengan masjid maka orang yang tinggal didalamnya bisa ikut mendengar ceramah atau bacaan Alqur’an yang diperdengarkan dari dalam masjid.

 

Akses Yang Bagus

 

untuk mempermudah akses seseorang memperoleh rezeki maka seseorang bisa membangun rumahnya dekat dengan tepi jalan karena rumah yang dekat dengan jalan akan lebih mudah diakses dan pintu rejeki juga bisa terbuka, misalnya jika pemilik rumah membuka toko tentunya tepi jalan adalah tempat yang baik untuk berjualan karena banyak orang yang lewat dan kemungkinannya untuk mampir lebih besar.

 

Dilingkungan yang baik,aman dan nyaman

 

Arah rumah bisa saja dipengaruhi oleh dilingkungan dimana rumah tersebut didirikan. Sebuah rumah sebaiknya dibangun dilingkungan dengan kondisi kesehatan yang baik dan tidak dekat dengan tempat maksiyat atau tempat-tempat yang dilarang dalam agama islam misalnya tempat perjudian, perzinahan.

 

Fengsui seringkali menjadi topic hangat ketika mencermati rumah hunian tapi yang terpenting adalah akhlak yang baik dari penghuninya,yang akan mendatangkan kebaikan,kebarokahan dan rezeki halaln toyiban. Segala hal yang menyangkut rezeki dan harta maupun kesuksesan tidak datang karena arah rumah akan tetapi datangnya dari Allah SWT sebagaimana yang disebutkan dalam ayat berikut ini

 

أَهُمْ يَقْسِمُونَ رَحْمَةَ رَبِّكَ نَحْنُ قَسَمْنَا بَيْنَهُم مَّعِيشَتَهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَرَفَعْنَا بَعْضَهُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَاتٍ لِيَتَّخِذَ بَعْضُهُم بَعْضًا سُخْرِيًّا وَرَحْمَتُ رَبِّكَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُونَ

 

“Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Tuhanmu? Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan Kami telah meninggikan sebahagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat, agar sebagian mereka dapat mempergunakan sebagian yang lain. dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.” (QS. Az Zukhruf : 32)

 

Demikian penjelasan tentang arah rumah menurut syariat islam semoga bermanfaat.

(Diambil dari dalamislam.com)

loading…


(Visited 48 times, 1 visits today)
author